Baca Ini dulu baru baca itu

Sunday, June 26, 2011

Ciptakan Sepeda Charger HP, Terinspirasi Mobil-mobilan Adik


KREATIF: Siswa SMA Kornita, M Sony Gaus, dengan sepeda charger ciptaannya.

Mochamad Sony Gaus, siswa program IPA SMA Kornita yang baru saja dinyatakan lulus, layak diacungi jempol. Betapa tidak, kreativitas serta kegigihannya menciptakan barang-barang tepat guna dari alat sedarhana, mampu membuat orang berdecak kagum. Baru-baru ini, dia berinovasi menciptakan alat pada sepeda yang digunakan untuk
men-charger (mengisi baterai) handphone (HP).

Laporan: NADIA YULIANA
BERAWAL dari pengalaman pribadinya, Sony -sapaan akrab putra keempat dari enam bersaudara pasangan Eni Sigiyanti dan Syaiful Djafar (alm)- merakit sebuah alat yang disimpan di ban sepeda ontelnya untuk digunakan sebagai alat charger HP.

Ditemani sahabatnya, Johanes Dimas Budiarianto, dia mengisahkan, saat mengendarai ontel warisan sang kakek, tibatiba ponsel miliknya mati akibat kehabisan baterai.

“Lalu saya berpikir bagaimana caranya agar saya bisa mengisi baterai HP sambil mengendarai sepeda,” kata Sony.

Ia bercerita, satu waktu melihat mobil-mobilan adiknya, Adam Gaus, yang masih duduk di bangku SD. Kala itu ia berpikir, kenapa baterai yang ada di dalam mainan itu bisa menggerakkan dinamo hingga menghasilkan listrik.

“Kalau baterai bisa menggerakkan dinamo untuk menghasilkan listrik, kenapa dinamo tidak bisa menghasilakan listrik dan mengisi baterai? Dari situlah saya terinspirasi untuk memasang dinamo di ban sepeda agar bisa mengisi baterai ponsel,” tutur Sony dengan nada semangat.

Berkat inspirasi dari sang adik, Sony pun langsung merealisasikan pemikirannya itu. “Pertama- tama saya gagal. Lalu setelah seharian mencoba, akhirnya berhasil juga,” katanya.

ada juga charger dari benang wol

Jakarta - Desainer merancang kabel charger yang jika digulung bentuknya mirip gulungan benang wol.

Kadang kita ingin mengisi baterai ponsel, tapi ingin menggunakan ponselnya juga. Sementara colokan listrik yang ada letaknya jauh. Kabel charger yang ada juga ukurannya terlalu pendek, dan ini adalah masalah.
Tapi ada konsep desain charger yang mempermudah serta multifungsi. Bisa untuk mengisi listrik ponsel, bisa juga jadi hiasan untuk ditaruh di sudut ruang.
Desain itu bernama Wool Ball Charger, atau charger benang wol. Diciptakan oleh Yuchen Liu, charger ini punya kabel yang sangat panjang sehingga bisa digulung layaknya benang wol.
Kalau Anda butuh kabel yang sangat panjang, ulurlah kabel seperlunya. Kalau sudah selesai, gulung lagi jadi bentuk bola yang tentu lebih indah daripada gulungan kabel charger pada umumnya.
Tapi hati-hati, gulungan kabelnya bisa jadi masalah jika di rumah Anda ada kucing peliharaan. Kucing Anda bisa jadi akan mengigitinya karena mengira kabelnya adalah benang wol sungguhan. [mor]

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...